Pindah Provider ke Digital Ocean

Setelah beroperasi selama bulan lebih, kami merasa masih ada kurang dari provider kami, alhasil DOM Cloud memutuskan untuk pindah provider, kali ini Digital Ocean.

Digital Ocean adalah provider Cloud yang berdiri cukup lama (10 tahun) mempunyai banyak lokasi datacenter yang strategis, termasuk Singapura. Yang membuat kami termotivasi ialah biaya bandwidth di Digital Ocean jauh sangat murah, 10 kali jauh lebih rendah. Selain itu, sesuai dengan klaim mereka, hitungan performa per dolar mereka paling tinggi daripada provider cloud lainnya.

Untuk server saat ini, kami menggunakan droplet dengan spesifikasi RAM 4 GB, 2 vCPU tanpa Swap. Meskipun biayanya masih lebih murah dari segi kami, ini merupakan spesifikasi upgrade yang cukup bagus. Juga server sekarang mendukung konfigurasi IPv4 + IPv6, tentu membuat server ini semakin menarik.

Server awal tersebut, tapi identifikasi menjadi SGA (Singapure A). Saat anda mengakses portal, anda akan menjumpai label ini di URL.

Setelah perpindahan ini, kami putuskan untuk menambah spesifikasi disk space di tiap paket, menjadi berikut:

PaketSebelumSesudah
Freedom200 MiB256 MiB
Lite500 MiB1024 MiB
Pro1500 MiB3072 MiB
Business6000 MiB8192 MiB

Lalu untuk bandwidth per tahun, sekitar 3 kali dari yang sebelumnya:

PaketSebelumSesudah
Freedom6 GiB18 GiB
Lite18 GiB60 GiB
Pro60 GiB180 GiB
Business180 GiB600 GiB

Kami percaya bahwa DOM Cloud suatu saat akan menambah spesifikasi seiring dengan banyaknya pengguna seiring waktu. Maka dari itu, kami membuka pembelian level paket baru dengan deksripsi paket sebagai berikut.

Nama PaketHargaDisk SpaceBandwidth
SuperRp. 1800K16384 GiB1800 GiB
LegendRp. 6000K40960 GiB6000 GiB

Dan juga, untuk mendukung penggunaan fitur baru data add-ons kami, setiap pembelian paket akan mendapatkan bonus add-on bandwidth sebagai berikut.

PaketBandwidth UtamaBandwidth Add-on (Bonus)
Lite60 GiB5 GiB
Pro180 GiB15 GiB
Business600 GiB50 GiB
Super1800 GiB150 GiB
Legend6000 GiB500 GiB

Penambahan kuota ini tidak lain tidak bukan, untuk menambah kenyamanan anda dalam menjalankan bisnis hosting pada kami.

Perpindahan provider ini merupakan bagian dari update september.

Update untuk September 2020

Sebulan berlalu setelah DOM Cloud menjadi publik sejak 27 Agustus 2020, apa yang baru di bulan ini?

Perpindahan Provider

Kami berpindah ke provider baru, Digital Ocean. Perpindahan ini berdampak pada perubahan spesifikasi, tentunya spesifikasi yang lebih besar!

Anda dapat membaca detail tentang perpindahan dan perubahan spesifikasi paket disini. Secara singkat, perubahan

PaketHargaDiskBandwidth
FreedomGratis256 MiB18 GiB
Lite50K1024 MiB60 GiB
Pro200K3072 MiB180 GiB
Business600K8192 MiB600 GiB
Super*1800K16384 MiB1800 GiB
Legend*6000K40960 MiB6000 GiB
*) Paket Baru

Dashboard Baru

Dashboard Hosting sekarang memuat grafik penggunaan disk space dan bandwidth yang diupdate tiap jam.

Dashboard yang memuat grafik penggunaan sumber daya

Selain itu, terdapat beberapa tombol seperti Cek Login, DNS, SSL yang berfungsi untuk melihat password, serta cek apakah DNS atau HTTPS website berfungsi. Kalau Cek Deploy? kita akan mengupas tuntas bagian itu nantinya.

Landing Page Baru

Halaman depan sekarang didesain lebih bagus dengan berprinsip “Show, don’t tell”, seperti menunjukkan fitur server kami yang tersedia untuk anda:

Anda dapat melihat desain website baru di https://domcloud.id

Bandwidth Add-Ons

Mulai bulan ini, apabila host anda mulai kehabisan bandwidth, anda dapat membeli tambahan bandwidth yang dibadrol seharga 5 ribu rupiah per 10 GB. Sistem dari bandwidth Add-ons adalah Roll-over, berarti apabila bandwidth tambahan masih bersisa, maka sisa tersebut berlanjut untuk bulan depannya. Ini berbeda dengan dengan bandwidth yang disediakan oleh paket, yang dibagi rata secara bulanan.

Antara bandwidth bulanan dan add-ons, yang dipakai duluan adalah paket bulanan. Bandwidth add-ons bisa dianggap sebagai kuota darurat. Perlu diingat ya, disini kuota bulanan tidak bersifat roll-over, sisa bandwidthnya akan hangus apabila masa bulannya sudah selesai, tidak dipindah ke bulan setelahnya.

Script Instalasi Hosting

Script instalasi ini merupakan fitur yang sangat berguna apabila anda ingin mencoba aplikasi website dari internet tanpa harus mendownload, upload, ekstrak, apalagi mengatur instalasi melalui SSH; sekarang cukup menulis script (atau memilih dari template yang tersedia) dan tinggal menunggu proses instalasi (deploy) selesai. Untuk saat ini template script instalasi yang tersedia ialah:

WordPress, Laravel, Django, Ruby on Rails, instalasi sekali klik selesai.

Ada lagi yang keren, apabila kita klik Cek Deploy, kita dapat melihat hasil proses running dari script tersebut. Ini berguna untuk mencari tahu apabila deployment kita gagal, dan kita dapat mengedit deployment itu kembali dan klik Deploy Ulang.

Ingin mengembangkan script sendiri? Anda dapat belajar itu melalui repo github kami. Anda juga dapat berkontribusi menambah template lagi kalau mau!

Fokus Kami ke Internasionalisasi

Untuk menjaring lebih banyak konsumen, kami menyiapkan banyak hal untuk menjaring konsumen berbahasa inggris. Perubahan pertama, bahasa default sekarang untuk portal (tanpa petunjuk bahasa) adalah bahasa inggris. Selain itu, konsumen dapat mengganti bahasa dan mata uang transaksi ke Bahasa Inggris – USD. Transaksi menggunakan TransferWire meskipun saat ini masih dilakukan secara manual. Bahasa portal sudah hampir diterjemahkan semua ke Bahasa Inggris dan kami sudah merefresh laman landing dan versi bahasa inggrisnya tersedia di halaman https://domcloud.id/en/.

Improvisasi Penting Lainnya

  • Halaman utama, portal, dan komunikasi email sekarang menggunakan domain domcloud.id
  • Email notifikasi sekarang berpindah ke @mail.domcloud.id dan kami sudah menggunakan desain email yang lebih baik.
  • Saat Registrasi akun baru, anda tidak perlu lagi menginputkan nomor HP, dan anda tidak perlu harus verifikasi email sebelum dapat mendaftarkan hosting baru.
  • Anda sekarang dapat melihat spesifikasi server melalui Portal. Kami lakukan ini sebagai bagian dari insentif kami dalam transparansi. Kami tidak pernah mencoba untuk overselling resource server ke kustomer kami.
  • Semua akun dikenai limit akan banyaknya host yang bisa ditambah. Mulai dari 1 untuk yang belum verifikasi email, lalu 5 untuk yang belum pernah membeli paket Lite, 10 untuk Pro, dan seterusnya.
  • Server sekarang mendukung IPv6.